Seberapa Penting, sih, Perpustakaan Sekolah itu?

15 02 2009

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, perpustakaan berarti kumpulan buku-buku. Bisa juga disebut taman pustaka atau bibliotek Sementara itu, berdasarkan pengertian sehari-hari, perpustakaan merupakan tempat yang difungsikan untuk menyimpan berbagai buku, dokumen, jurnal-jurnal, surat kabar, dan berbagai bentuk bacaan yang lainnya. Dewasa ini, perpustakaan tak hanya menyediakan fasilitas seperti yang sudah disebutkan, namun mulai merambah ke arah teknologi, yakni internet. Sebagai kota pendidikan, Yogyakarta tentu saja memiliki beberapa perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh warganya. Namun, sebagai pelajar, perpustakaan yang paling sering digunakan adalah perpustakaan sekolah. Rasanya kurang lengkap tanpa perpustakaan sekolah. Seberapa pentingkah perpustakaan sekolah bagi pelajar ?
“Jelas penting banget, banyak manfaat yang didapat !” ujar Umi Luthfiah, yang biasa dipanggil Upik. Apa yang dikatakan oleh siswa SMAN 1 Sewon ini, senada dengan yang disampaikan oleh Arum, siswa SMAN 1 Jetis.
“Lumayan, daripada beli di luar, mending pinjam di perpustakaan sekolah !” tegas siswa yang bernama lengkap Arumatul Khasanah tersebut.
Perpustakaan sekolah seringkali digunakan oleh para siswa pada saat mencari sumber-sumber tertentu, sebagai pelengkap dalam pengerjaan tugas yang diberikan oleh guru. Sumber-sumber yang dimaksud bisa langsung dari buku atau dari internet. Bagi siswa yang gemar membaca buku, perpustakaan sekolah bisa menjadi alternatif utama untuk meminjam buku, atau sekedar membaca di perpustakaan.
Menanggapi hal itu, tentu saja dibutuhkan perpustakaan sekolah yang memiliki kualitas baik dan menjangkau kebutuhan para siswa., sehingga siswa tidak perlu repot-repot saat mencari bahan atau sumber. Ada beberapa factor yang dapat menunjang perpustakaan sekolah agar memperoleh predikat baik. Pertama, kelengkapan koleksi perpustakaan. Hal ini dibenarkan oleh Arum.
“Ini penting, apalagi kalau lagi ngerjain tugas,” begitu katanya.
Tak hanya itu, faktor kenyamanan dan pelayanan juga berpengaruh dalam upaya menarik siswa untuk sesering ungkin mengunjungi perpustakaan.
“Kan enak, kalau ada AC, bisa untuk ngademin badan. Apalagi tempatnya nyaman, dengan petugas yang ramah dan cekatan,” tukas Upik.
Selain kedua faktor di atas, Nabila Khairunnisa, siswa SMAN 1 Yogyakarta menambahkan, komputer dan mesin foto kopi adalah barang yang harus ada. Memang tak dapat dipungkiri kalau faktor kecanggihan teknologi semakin diperlukan. Apalagi, melihat perkembangan teknologi yang berkembang pesat dari tahun ke tahun. Maka, tak heran, jika beberapa sekolah di Yogyakarta mulai menyajikan perpustakaan sekolah dengan basis teknologi, seperti fasilitas komputer, kamera, internet, layanan foto kopi, layanan scan dan print, TV, dan lainnya. Untuk mempermudah mencari buku yang dimaksud ada pula perpustakaan sekolah yang sudah menyediakan program pencarian buku. Tak hanya itu, ada juga sekolah yang memberikan fasilitas hot spot di perpustakaannya. Oleh karena itu, kini berbagai SMA di Yogyakarta mulai membenahi sistem perpustakaan sekolah mereka agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan mampu melahirkan generasi pelajar yang cinta membaca. (Mudrikah/SMAN 1 Yogyakarta)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: